Selasa, 28 Mei 2013

Membersihkan Perabotan Rumah Tangga dengan Bahan-Bahan Alami

 Membersihkan Perabotan Rumah Tangga dengan Bahan-Bahan Alami
Posted on December 13, 2012 by Admin    in Architectaria, Environmental Care - Green Living, Healthcare, Home Improvement, Tips Apartemen, Tips Rumah   

Bahan-bahan alami di sekitar kita yang dapat digunakan untuk membersihkan noda, plak, kerak, dan kotoran pada furniture atau alat-alat rumah tangga.

Liburan akhir tahun sudah akan datang, apakah Anda bingung untuk mengisi liburan Anda? Terpikir untuk bepergian namun tidak memiliki budget? Mungkin ada baiknya Anda menghabiskan liburan akhir tahun ini hanya dengan berdiam diri di rumah. Namun, meskipun hanya berada di rumah, ada beberapa hal positif yang bisa Anda lakukan ketika liburan yang mungkin tidak sempat Anda lakukan di hari-hari biasa. Membersihkan perabotan rumah tangga mungkin bisa menjadi salah satu hal positif untuk mengisi liburan Anda di rumah.

Membersihkan rumah beserta furniture dan perabotan-perabotan lainnya bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan. Namun, sering kali Anda dibuat jengkel oleh kotoran-kotoran yang kerap menempel pada perabotan rumah tangga, furniture, meja, kursi, alat-alat masak, dan sebagainya. Kotoran maupun kerak tersebut terkadang sulit sekali dibersihkan meskipun Anda telah menggunakan sabun.



Hal ini disebabkan karena kotoran tersebut telah dibiarkan cukup lama menempel pada peralatan-peralatan Anda dan mengeras menjadi kerak. Hal ini tentu sangat mengganggu. Selain dapat membuat perabotan rumah tangga terlihat kusam dan tidak menarik, peralatan yang kotor juga akan membuat Anda tidak nyaman memakainya.

Bila Anda kesulitan mencari sabun yang efektif untuk membersihkan plak, noda, maupun kotoran-kotoran tersebut, ada baiknya Anda beralih menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekeliling kita. Bahan-bahan ini sangat dekat dengan kehidupan kita dan sering kita pakai sehari-hari, namun mungkin Anda belum menyadari manfaatnya.

Bahan-bahan apakah itu? Berikut akan kita bahas bahan-bahan apa saja yang baik untuk membersihkan perabotan rumah tangga.

1. Cuka

Cuka adalah bahan alami yang mengandung asam dan telah terbukti ampuh membunuh 98% bakteri pada permukaan. Oleh karena itu, cuka adalah desinfektan yang baik untuk membersihkan permukaan yang sering terpapar udara bebas, seperti furniture yang ada di dapur, furniture tempat tidur, maupun meja dan sofa di ruang tamu. Benda-benda seperti meja, kursi, telephone, dan lain-lain meskipun terlihat bersih, namun bila dilihat dengan mikroskop, benda-benda tersebut tidaklah terbebas dari kuman dan bakteri.

Untuk itu, menggunakan cuka untuk membersihkan permukaan tersebut sangat dianjurkan. Cuka juga dapat dicampur dengan bahan pembersih lain untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membunuh bakteri di permukaan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda bisa memanaskan cuka terlebih dahulu di microwave karena cuka yang panas lebih mampu membunuh bakteri dengan baik.

2. Soda Kue

Sudah bukan rahasia lagi bahwa baking soda atau soda kue terbukti ampuh menyerap bau. Namun, belum banyak yang tahu bahwa soda kue juga mampu mengangkat kotoran, kerak, dan plak pada peralatan dapur. Untuk membersihkan kerak dan kotoran tersebut, cukup tambahkan air hangat pada soda kue dan oleskan pada kotoran-kotoran yang membandel. Reaksi antara soda kue dan air hangat dapat mengangkat kotoran dengan optimal.

Selain itu, jika Anda tidak sengaja memasak hingga gosong dan sisa makanan menempel di panci, Anda bisa menambahkan satu sendok teh soda kue degan sedikit air panas, lalu panaskan kembali panci tersebut. Anda akan melihat sisa kerak makanan yang menempel di panci akan terkelupas sedikit demi sedikit.

3. Garam

Garam juga merupakan pembersih kotoran yang baik karena kemampuannya untuk mengelupas kotoran dan noda yang menempel pada peralatan masak. Selain itu, garam membuat air membersihkan lebih ampuh dari biasanya. Kandungan garam dalam air bisa menghilangkan atau melarutkan kotoran lebih efektif daripada air yang tidak mengandung garam sama sekali.

Untuk itu, Anda dapat menggunakan air laut untuk membersihkan beberapa peralatan yang kotor, namun jangan lupa untuk segera membilasnya dengan air biasa.

4. Boraks

Mendengar namanya mungkin terdengar agak seram. Hal ini karena di Indonesia banyak sekali penyalahgunaan zat kimia ini untuk pengawet dan pengeras makanan. Padahal, bila digunakan dengan benar, boraks termasuk zat pembersih lantai yang ampuh. Selain itu, boraks juga banyak digunakan orang-orang jaman dahulu untuk mencuci pakaian, dan terbukti cucian menjadi lebih bersih dengan menggunakan boraks.

Namun, ketika Anda ingin menggunakan bahan ini, Anda harus sedikit berhati-hati. Hal ini karena Boraks termasuk zat keras yang bila tidak digunakan dengan hati-hati akan melukai kulit Anda.

Dapur Yang Bersih Merupakan Cerminan Dari Gaya Hidup Penghuni Rumah

Tips Untuk Membuat Bahan Pembersih Perabotan Rumah Tangga yang Efektif

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengangkat bakteri sekaligus kotoran pada furniture atau alat-alat rumah tangga, berikut ini cara membuat bahan pembersih alami yang dapat dipraktekan di rumah:

1. Campurkan:
- 1 cangkir coda kue
- 1 cangkir garam meja
- 1 cangkir boraks

2. Taruh campuran ketiga bahan tersebut di sebuah wadah dan aduk dengan mixer. Kemudian, oleskan pada bagian yang ingin dibersihkan dengan campuran ini.

3. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ketika mengoleskan bahan tersebut untuk menghindari iritasi kulit.

Langkah-langkah di atas terlihat sederhana dan mudah bukan? Untuk itu, selamat mencoba tips ini :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).
Related Posts

    Tips Membersihkan Kamar Mandi Secara Cepat dan EfisienTips Membersihkan Kamar Mandi Secara Cepat dan Efisien
    Menanam Tumbuhan Herbal di Dalam Ruangan (Bagian I)Menanam Tumbuhan Herbal di Dalam Ruangan (Bagian I)
    Memilih Jenis Tanaman Bunga untuk Dekorasi Interior RuanganMemilih Jenis Tanaman Bunga untuk Dekorasi Interior Ruangan
    Menanam Tumbuhan Herbal di Dalam Ruangan (Bagian II)Menanam Tumbuhan Herbal di Dalam Ruangan (Bagian II)
    Cara Mencegah dan Mengurangi Resiko Kebakaran di RumahCara Mencegah dan Mengurangi Resiko Kebakaran di Rumah

No Comments Yet.
Leave a Comment

Name:

E-mail: (Will not be published)

Website:

Message:

Categories
Archives
Recent Posts

    Desain Taman ala Bali – Hadirkan Nuansa Tradisional Bali di rumah Anda
    Karakteristik Arsitektur Bali – Sebuah Desain Arsitektur yang Merefleksikan Konsep Tri Loka
    Memilih Ubin Yang Tepat Untuk Ruangan di Rumah Anda
    Beragam Tipe dan Jenis Ubin yang Paling Sering Kita Jumpai
    Anda Hobi Memasak? Perhatikan Tips Menata Peralatan Memasak di Dapur Berikut Ini!

Recent Comments

    miswan datau on Bagaimana Mengatur Kamar Tidur Anda
    Karakteristik Arsitektur Bali – Sebuah Desain Arsitektur yang Merefleksikan Konsep Tri Loka | PT. Architectaria Media Cipta on Ashoka Canggu: Desain Villa Kombinasi Antara Gaya Skandinavia Dengan Gaya Bali
    Hendro on Desain Rumah Mungil Yang Artistik
    Nana Supriatna on Desain Rumah Mungil Type 36
    AHMAD JAELANI on Desain Rumah Minimalis Type 90

Join Us on Facebook
Search Articles

1 komentar:

  1. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID Terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan. ...
    See More
    Qqtaipan. Org | Qqtaipan. Net | Taipanqq. Vegas
    - you can't fight.
    Don't delay your playing victory! IMMEDIATELY REGISTER THE USER ID & play the good card.
    With minimum deposit only rp 20.000,-
    1 USER ID CAN PLAY 8 games.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker
    • BandarSakong
    • Bandar66
    We'll also make it easier for you to create an id with registration for free.
    For The Depot & withdraw process is handled by
    Our customers are professional and friendly.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    You can also play it via Android / Iphone / Ipad
    For more information please contact cs we-Online 24 hours!!
    • of: + 62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus