Selasa, 28 Mei 2013

Tips Perawatan Peralatan Rumah Tangga

Tips Perawatan Peralatan Rumah Tangga


Memaksimalkan umur peralatan rumah tangga anda dengan cara yang sederhana, dan dengan cara-cara perawatan yang dapat anda lakukan sendiri. 


Lemari Es



Apa yang harus dilakukan: Gunakan sikat kulkas bergagang panjang (dapat dibeli di toko peralatan seperti Ace Hardware) atau alat penyedot debu untuk membersihkan debu disekitar kondensor koil, yang biasanya terletak di bagian bawah. Lap debu, serpihan dan tumpahan dari segel pintu dan bungkus dengan kain lembab.


Kompor Gas



Apa yang harus dilakukan: Untuk kompor gas, gunakan jarum jahit, pin atau klip kertas yang tipis untuk ditusukkan pada saluran alat pembakar (lubang tempat gas muncul melalui alat pembakar). Rendam tutup alat pembakar dan cincinnya dalam air sabun untuk menghilangkan sisa makanan. Bersihkan kaca kompor serta pada bagian bawahnya secara teratur.




Oven Microwave


Apa yang harus dilakukan: Lap bagian dalam dari microwave dan pintu penutup secara teratur dengan kain lembab. Untuk bagian bawah microwave yang merupakan tempat kompor, bersihkanlah filter minyak dari saluran pembuangan tiap bulan dengan cara melepaskannya dan merendamnya di air sabun, kemudian dibilas, dikeringkan dan diganti. Jika ventilasi pembuangan memiliki filter arang, gantilah setiap 6 sampai 12 bulan.

Mesin Cuci


Apa yang harus dilakukan: Jika Anda memiliki selang dari karet, tukarlah dengan yang stainless steel. Untuk melakukan ini, pertama tutup keran air dan cabut kabel power mesin. (Jika anda membutuhkan ruang untuk bekerja, geserlah mesin dari dinding.) Kemudian, lepaskan ujung selang dari saluran pembuangan dan tempatkan dalam ember sehingga sisa-sisa air dapat mengalir keluar. Lepaskan klem di ujung selang (yang melekat pada belakang mesin) untuk melepaskan selang tersebut. Pasang selang mesh baja ke mesin cuci, pasang penjepit yang aman dan masukkan ujung selang ke pipa pembuangan. Secara teratur bersihkan tempat deterjen dengan kain lembab, atau bersihkan dengan cara menuangkan air melalui tempat detergen itu untuk membilas bersih. Untuk mesin cuci dengan arah bukaan di depan, bersihkan dan keringkan paking pintu (segel karet di sekitar pintu) setelah digunakan.
Penyedot debu

Apa yang harus dilakukan: Ganti kantong vacuum sebulan sekali (Jika anda mempunyai hewan piaraan atau karpet baru, sebaiknya diganti lebih sering lagi). Bersihkan atau ganti filter setiap 6 bulan sekali. Lihat buku manual anda untuk mencari posisi filter -- biasanya dekat dengan kantong atau dibelakang pintu akses -- bagaimana untuk membersihkannya (ada beberapa model yang dapat dibilas bersih, tapi ada juga yang tidak boleh). Bersihkan filter HEPA setiap delapan minggu. Ganti sabuk setahun sekali atau ketika kuas rol mulai mengeluarkan suara berisik. Anda harus meneliti buku manual untuk petunjuk yang lebih detail dalam penggantian sabuk, karena setiap vacuum memilki cara-cara yang sedikit berbeda.

Saluran pembuangan sampah




Apa yang harus dilakukan: Gilinglah kulit lemon atau jeruk secara berkala untuk mengurangi bau atau anda dapat juga menggunakan produk pembersih sekali pakai. Masukkan dan gilinglah es batu secara berkala, dan selalu menggunakan air dingin saat mengoperasikan sistem pembuangan serta juga saat satu atau dua menit sesudah anda menggunakannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar