Selasa, 28 Mei 2013

Tips Memilih Peralatan Rumah Tangga dari Plastik yang Aman

Tips Memilih Peralatan Rumah Tangga dari Plastik yang Aman
Konsumen kerap tidak tahu alat-alat rumah tangga dari plastik yang mereka gunakan selama ini ternyata berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.
FIMELLE.COM – Sebagai ibu rumah tangga, kita harus cerdas memilih peralatan rumah tangga berbahan dasar plastik yang aman untuk kesehatan dan baik untuk lingkungan.
Plastik sebagai wadah makanan dan minuman memang sudah biasa digunakan. Namun sebaiknya konsumen tidak sembarang memilih plastik sebagai wadah makanan. 
Konsumen kerap tidak tahu alat-alat rumah tangga dari plastik yang mereka gunakan selama ini ternyata berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.
Kini, makin banyak produsen peralatan rumah tangga yang menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan. Salah satu di antaranya adalah PT Total Multi Anugrah (Tecstar).
"Untuk blender dan juicer atau semua produk kami yang berurusan dengan makan seperti blender, juicer, chopper, dan sandwich toaster kami menggunakan plastik berbahan foodgrade yang tentu saja aman untuk makanan. Sudah ada standar sertifikasi dari dunia bahwa bahan yang dipakai itu adalah foodgrade," jelas Presiden Direktur Tecstar Siauw Tjung Ming dalam acara peluncuran Regulator Antiledak Tecstar di Jakarta, belum lama ini.

Tjung Ming mengatakan, Tecstar selama ini sangat peduli dengan kesehatan konsumen dan lingkungan hidup.
"Kami sangat concern dengan kesehatan dan keamanan. Kami percaya kalau bahan-bahan makanan yang ditaruh di alat kami, selama alat itu tidak menggunakan bahan yang foodgrade yang aman untuk tubuh, itu bisa membahayakan. Mungkin ada bahan toxic yang membahayakan. Makanya Tecstar dengan penuh integritas ingin memberikan kesehatan yang utuh kepada para konsumen dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi dan foodgrade," lanjut dia.
Berikut adalah kriteria peralatan rumah tangga berbahan dasar plastik yang aman untuk kesehatan.
Pertama, ada simbol gelas dan garpu (food grade), artinya plastik tersebut layak dipakai untuk memproduksi perlengkapan makan.
Kedua, bertuliskan "Approved by FDA", artinya bahan plastik mendapat pengesahan dari pihak berwenang untuk digunakan memproduksi perlengkapan makan.
Ketiga, ada tanda food safe (logo contreng), artinya makanan atau minuman tidak terkontaminasi dengan bahan-bahan kimiawi.
Keempat, ada merek dagang yang dipatenkan, seperti logo TM (trade mark) atau R (registered). Artinya, produk tersebut sudah terdaftar dan terjamin keasliannya.
Jangan tergiur wadah yang berharga murah, tetapi memberikan risiko buruk bagi kesehatan. Lebih baik memilih merek dagang yang sudah dipatenkan. (Dian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar